Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Regional Innovative Teachers’ Conference 2009

Regional Innovative Teachers’ Conference 2009 (RITC-2009)adalah sebuah  kegiatan konferensi guru Inovatif se- Asia Pasific  yang di laksanakan pada tanggal 27-29 Mei 2009 di Kuala Lumpur, Malaysia dan  di sponsori oleh Microsoft. Indonesia sebagai salah satu Negara di kawasan Asia telah berhasil mengirim 10 orang guru dari seluruh kawasan Indonesia yang diseleksi secara ketat oleh Microsoft Indonesia melalui beberapa tahapan yaitu pengiriman karya tulis (PTK) dan media pembelajaran berbasis ICT (February 2008), Pemilihan 30  semifinalis dan pemilihan 10 finalis dari 30  semifinalis (23-25 July 2008 di Yogyakarta) yang akan mewakili Indonesia Ke-tingkat Regional. Dari tahapan seleksi itu, salah satu guru dari Indonesia Timur (Sul-Sel) tepatnya Guru SD YPS Singkole Sorowako, Luwu Timur,  atas nama Nuryadi yang akrab dipanggil Made, menjadi salah satu peserta terpilih yang mewakili Indonesia di event yang bergensi ini.

RITC-2009 ini merupakan sebuah kegiatan Konferensi dan pertemuan guru-guru yang berprestasi dari seluruh negara di kawasan Asia Pasifik. Salah satu indicator keberhasilan guru yang dinilai dapat mengikuti event ini  yaitu  bagaimana guru dapat merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis ICT (Teknologi dan Komputer) didalam pembelajaran dikelas atau “How to integrate ICT in Project Lesson”. RITC-2009 ini diikuti oleh 11 negara yaitu Indonesia, Japan, Korea, Thailand, Australia, Singapore, New Zealand, Malaysia, Srilangka, Bangladesh, dan Filipina. Beberapa acara penting  dalam kegiatan ini yaitu

(1)   Poster judging (penjurian poster) dan proyek pembelajaran yang telah dilakukan  dari setiap peserta.

(2)   Colaborative Project (proyek kolaborasi) yaitu setiap kelompok yang pesertanya terdiri dari berbeda Negara harus menyiapkan sebuah proyek pembelajaran dari tema field trip yang diberikan.

(3) Discussing and sharing yaitu kegiatan diskusi dan berbagi pengalaman dengan guru-guru dinegara lain mengenai sekolah dan projek pembelajaran yang telah dilaksanakan.

(4) Training and Coaching yaitu kegiatan pelatihan mengenai bagaimana memaksimalkan ICT dalam proyek pembelajaran.

(5) Student’s  Sharing and discussing yaitu berdiskusi dan sharing dengan siswa terbaik Se Asia Pasifik tentang proyek pembelajaran yang telah dilaksanakan dan pembelajaran yang mereka impikan dikelas.

 

Perjalanan Konferensi  Guru Se-Asia Pasifik

Perjalanan Konferensi Guru Se-Asia Pasifik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s