Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Seru, Menantang, dan Menyenangkan melalui “Mathematics Jungle”

MATHEMATHICS JUNGLE GAME

_MG_2865Mathematics Jungle game merupakan salah satu metode games dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media kartu soal (kaso)  yang dilakukan diluar ruangan. Game ini digunakan sebagai salah satu cara melakukan evaluasi terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari dan bisa juga digunakan sebagai kegiatan reinforcement (penguatan) untuk memantau kemampuan anak dalam menguasai materi yang telah atau sedang dipelajari. Game ini bersifat individu, dan membutuhkan waktu satu pertemuan pembelajaran (sekitar 70 menit untuk tingkat SD)

Manfaat

Manfaat dari menerapkan game ini adalah:

  1. Meningkatkan motivasi dan antuasias siswa dalam belajar matematika
  2. Mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih menarik, menantang dan menyenangkan karena dilakukan diluar ruangan kelas
  3. Meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika
  4. Meningkatkan kepercayaan diri dan mental anak dalam belajar matematika.
  5. Dapat meningkatkan motivasi intrinsik siswa dan keinginan menyelesaikan permainan (menuntaskan semua soal yang ada)

Persiapan Guru

Beberapa persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengimplementasikan game ini adalah sebagai berikut:

  1. Membuat media kartu soal (kaso) dengan ukuran kurang lebih 10 cm x 20 cm (ukuran relatif agak besar agar nampak jelas bagi siswa ketika di gantung/ditempelkan di pohon sekitar lingkungan sekolah). Jumlah kartu soal yang dibuat disesuaikan kebutuhan pembelajaran dan sesuai alokasi waktu yang ditentukan.
  2. Membuat kartu jawaban soal sesuai jumlah soal yang dibuat dengan ukuran kurang lebih 6 cm x 25 cm (ukuran kertas F4 atau A4 yang di bagi 4) untuk tempat siswa menulis nama ketika mereka menemukan jawaban soal yang telah dikerjakan.
  3. Upayakan jangan membuat kartu soal dengan jawaban sama, karena di dalam kartu jawaban tidak terdapat kode/identitas kartu soal.

Cara Bermain/Skenario pembelajaran

  1. Guru mengarahkan siswa ke tempat pelaksanaan game (upayakan memilih tempat yang rindang dan banyak pohon agar jumlah kartu soal yang dibuat dapat semua ditempelkan atau digantungkan di batang pohon tempat bermain.
  2. Arahkan siswa untuk menyediakan alat tulis dan buku/kertas tempat mencakar serta clip chart (papan pengalas ujian) agar mempermudah siswa melakukan proses permainan.
  3. Guru menjelaskan aturan permainan “Mathematics Jungle games” sebagai berikut: (1) Setiap siswa dapat mengerjakan kartu soal yang telah ditempelkan dipohon-pohon sesuai keinginannya dan dikerjakan secara mandiri; (2) Siswa yang telah menyelesaikan satu soal atau lebih langsung dapat membandingkan jawabannya pada kartu jawaban yang tersedia, apabila jawaban yang diperoleh siswa dinyatakan benar dan ada hasilnya pada kartu jawaban, siswa dapat menuliskan namanya pada kartu jawaban tersebut; (3) Siswa yang dapat menyelesaikan semua soal sesuai alokasi waktu yang ditentukan, dinyatakan tuntas; (4) Siswa yang tuntas menyelesaikan soal dan namanya telah tercatat pada semua kartu jawaban akan dipilih 5 orang tercepat untuk dinyatakan sebagai juara._MG_2874
  4. Setelah permainan dinyatakan selesai, guru akan mengumpulkan semua lembar kartu jawaban yang telah berisi nama-nama siswa. Kemudian, menghitung jumlah soal yang dapat diselesaikan oleh setiap individu siswa sesuai jumlah nama yang tertera pada kartu jawaban. Hasil perhitungan tersebut dapat digunakan sebagai catatan hasil evaluasi pembelajaran._MG_2869

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s