Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

[Pdf] Model Pengajaran Langsung dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Matematika SD

Model Pengajaran LangsungMengajar itu adalah seni. Itulah salah satu ungkapan yang menunjukkan ciri guru yang kreatif dan inovatif. Anggapan mengajar sebagai bagian dari suatu seni memang benar, sebagai guru yang profesional tentunya harus mempunyai kompetensi akademis dan kompetensi pendagogik yang memadai, dengan kompetensi tersebut akan memberikan kesadaran kepada guru bahwa memang mengajar membutuhkaan bakat dan menuntut kreatifitas yang cukup tinggi, seperti seorang seniman yang harus mampu berkreatifitas untuk mencipatakan suatu karya yang dapat diakui dan diterima oleh masyarakat banyak. Seorang guru jugalah demikian, salah satu tolok ukurnya guru yang profesional adalah guru yang pengajarannya dapat diterima oleh peserta didiknya, baik secara metodik maupun secara ditaktik.

Keberhasilan seorang guru dalam mengajar tentunya tidak terlepas dari kreatifitas seorang guru dalam memilih dan menggabungkan berbagai pendekatan, strategi ataupun model pembelajaran.  Banyak para ahli pendidikan berpendapat bahwa tidak ada model pembelajaran yang lebih baik dari model pembelajaran yang lain, oleh karena itu seorang guru hendaknya mampu memilih dan menggabungkan satu atau lebih model pembelajaran untuk digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran. Semakin bervariasi kegiatan belajar yang dirancang tentu membutuhkan semakin bervariasi juga model pembelajaran yang digunakan. Pemilihan model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat dipengaruhi oleh sifat dari materi yang akan diajarkan, juga dipengaruhi oleh tujuan yang akan dicapai dalam pengajaran tersebut dan tingkat kemampuan peserta didik. Di samping itu pula setiap model pembelajaran selalu mempunyai tahap-tahap (sintaks) yang dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru. Antara sintaks yang satu dengan sintaks yang lain mempunyai perbedaan. Oleh karena itu guru perlu menguasai dan dapat menerapkan berbagai model pembelajaran, agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah proses pembelajaran sehingga dapat tuntas seperti yang telah ditetapkan.

Banyak model pengajaran yang telah dikembangkan dewasa ini, baik yang mengacu kepada pendekatan  yang berpusat pada guru (teacher-center) maupun pendekatan yang berpusat pada siswa (student-center). Dari kedua pendekatan itu tidak ada yang lebih baik satu dari yang lainnya. Hampir setiap pendekatan tetap selalu dibutuhkan dalam setiap proses pembelajaran, hanya saja persentase penggunaan setiap pendekatan yang ada mungkin berbeda, seperti pembelajaran matematika pendekatan teacher-center tetap dibutuhkan pada pengajaran fakta matematika. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher-center) yang masih sering digunakan dalam pembelajaran matematika adalah model pengajaran langsung (direct instruction). Model ini menunjukkan sebuah cara yang efektif untuk mengajar keterampilan dan informasi dasaar kepada siswa, seperti pada penyampaian konsep yang abstrak pada matematika.

Apakah model pengajaran langsung sama dengan pengajaran ceramah? Inilah pertanyaan yang sering muncul dibenak guru yang tidak memahami model pengajaran langsung dengan benar. Banyak guru berpendapat bahwa model ini identik dengan model ceramah, namun pendapat tersebut tentunya akan terbantahkan ketika guru betul-betul memahami sintaks dari model pembelajaran langsung ini. Dalam makalah ini penulis akan memaparkan  model pembelajaran langsung dan aplikasinya pada pembelajaran khususnya pada matematika.

Makalah Lengkap silahkan download pada tautan di bawah ini!

Model Pengajaran langsung dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s