Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Repetisi adalah Kunci Sukses Belajar Matematika

Berlatih terus…dan teruslah berlatih…

by Made Nuryadi

orang diskusiSetelah merefleksikan perjalanan menjadi guru matematika selama 10 tahun di YPS, saya menyimpulkan bahwa pengetahuan matematika anak dari tahun ke tahun semakin menurun. Fakta ini berani saya ungkap karena berdasarkan data hasil belajar siswa dari tahun 2007 sampai sekarang secara rata-rata menurun . Seringkali, hati kecil ini bertanya sebagai guru, “ada apa, ya?” dimana mising link –nya? setelah mengkaji beberapa faktor dan merefleksikan pembelajaran di kelas, ternyata salah satu faktor penyebabnya adalah masalah “PRILAKU BELAJAR MATEMATIKA ANAK”

Fakta dilapangan menunjukkan bahwa ketika siswa diajarkan konsep baru mereka umumnya menguasai saat pembelajaran di kelas, namun seringkali lupa ketika ditanyakan pada pertemuan berikutnya atau setelah berselang beberapa. Setelah dirunut masalahnya ternyata “Kemampuan melakukan REPITISI Pembelajaran yang minim diluar kelas termasuk di rumah, padahal beberapa teori belajar menegaskan bahwa “REPETISI (PENGULANGAN) ADALAH SALAH SATU KUNCI SUKSES DALAM BELAJAR MATEMATIKA”

Nah,…bagaimana kita dapat mengubah prilaku belajar anak? Pemahaman matematika anak tidak  bergantung dari lamanya waktu belajar, namun lebih kepada berapa sering siswa belajar atau melakukan repetisi/pengulangan pembelajaran. Jadi, secara simbol matematis “3 x 1 lebih baik dari 1 x 3 ”  yang beraarti bahwa 3 kali belajar untuk 1 konsep lebih baik daripada 1 kali belajar untuk 3 konsep.

Untuk mengubah prilaku belajar siswa di rumah, orang tua mempunyai  peran yang sangat penting (dan mungkin ini genting) untuk mengatur waktu belajar anak dan memberi pemahaman tentang  BAGAIMANA SEHARUSNYA BELAJAR sehingga anak terbiasa mempunyai pola belajar yang benar yaitu “Blajar untuk mendapatkan pengetahuan atau pemahaman, bukan Belajar untuk Ulangan”. 

Demikian tulisan singkat ini sebagai bahan refleksi buat para pembaca. Sekiranya, ada pendapat lain dan tidak sesuai dengan fakta yang ditemui oleh penulis, masukan, saran dan kritikan akan sangat bermanfaat bagi kita semua. silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar sebagai bahan sharing dan diskusi.

Terima Kasih dan Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s