Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Pedoman PENYUSUNAN Portofolio PKB

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Sekum YPS

Guru  adalah  bagian  integral  dari  organisasi pendidikan  di  Sekolah Umum YPS (Sekum YPS)  secara  menyeluruh. Agar Sekum YPS mampu menghadapi perubahan dan dinamika pendidikan sesuai tuntutan jaman maka Sekum  YPS perlu melakukan pengembangan sekolah sebagai sebuah organisasi pembelajar. Salah satu karakter utama organisasi pembelajar adalah senantiasa mencermati perubahan internal dan eksternal yang diikuti dengan upaya penyesuaian diri secara terus menerus dalam mempertahankan eksistensinya. Syarat mutlak terciptanya organisasi pembelajar adalah terwujudnya masyarakat pembelajar di tubuh organisasi tersebut. Dalam hal ini, Sekum YPS sebagai organisasi pembelajar hendaknya membangun sumber daya manusianya (guru/pegawai) agar secara individu atau bersama-sama harus didorong untuk menjadi bagian dari organisasi pembelajar melalui keterlibatan secara sadar dalam berbagai kegiatan belajar guna mengembangkan kompetensi sesuai tuntutan keprofesionalannya.

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Sekum YPS diarahkan untuk memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang telah dimiliki dengan apa yang menjadi tuntutan sekarang dan di masa yang akan datang sesuai dengan profesinya. Kegiatan PKB di Sekum YPS dikembangkan berdasarkan profile kinerja guru yang diperoleh dari hasil penilaian kinerja guru. Kegiatan PKB lebih menekankan kepada kegiatan mandiri guru untuk peningkatan keprofesionalannya yang dilakukan melalui kegiatan sharing, diskusi, penguatan, pendidikan, pelatihan dan penelitian tanpa adanya mentoring.

Tujuan dilaksanakannya program PKB ini adalah untuk mewujudkan guru profesional di Sekum YPS selain memiliki ilmu pengetahuan yang kuat, tuntas dan memadai, tetapi juga memiliki kepribadian yang matang, kuat dan seimbang. Melalui ilmu pengetahuan yang kuat dan kepribadian yang prima, maka diharapkan guru dapat memotivasi dan meningkatkan kompetensi peserta didik sehingga tercapai layanan yang bermutu sesuai visi, misi, dan kebijakan mutu Sekum YPS.

Download File PKB di Sini!

  1. Pedoman Penyusunan Portofolio PKB Guru 
  2. 02b-buku-4-pedoman-pkb-dan-angka-kreditnya
  3. buku-1-pkb-guru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s