Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Pembelajaran Berbasis Multimedia

Mengapa Harus Multimedia?

Pembelajaran Berbasis MultimediaSelama ratusan tahun, format utama untuk menyajikan pesan-pesan instruksional adalah melalui kata-kata, termasuk kuliah dan buku-buku. Pendeknya, mode-mode persentasi verbal telah mendominasi cara kita memberikan penjelasan kepada orang lain dan pembelajaran verbal telah mendominasi pendidikan. Seiring dengan itu, verbal learning juga lebih sering menjadi fokus bagi riset-riset pendidikan. Kecangihan teknologi komputer sekarang memungkinkan “ledakan” akses untuk mendapatkan cara-cara visual dalam menyajikan materi termasuk perpustakaan-perpustakaan besar berisi gambar-gambar statik dan dinamik dalam bentuk animasi dan video.

Kehadiran multimedia sebagai salah satu produk ICT di bidang pendidikan disambut gembira, karena peranannya dalam membantu mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan peserta didik dan membantu mengembangkan kemampuan yang sempurna baik fisik, intelektual, maupun emosionalnya. Potensi kemampuan yang dimiliki manusia ini hampir tak terbatas. Namun hanya sebagian kecil saja dari potensi tersebut yang telah dikembangkan. Metoda dan media yang tepat untuk mengembangkan kemampuan tersebut sangatlah diperlukan. Teknologi multimedia diharapkan mampu mengatasi kendala dalam proses belajar mengajar dengan dikemasnya program pendidikan dalam media yang berbasis ICT. Meskipun Gagne menyatakan bahwa, tidak ada satu pun media yang sempurna yang dapat memenuhi semua keperluan yang diinginkan.

Mengapa harus multimedia? Pertanyaan ini sering muncul dari berbagai kalangan  para pendidik (guru). Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia sebagai salah satu media dalam pembelajaran mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Penelitian Jacobs dan Schade (dalam Munir, 2008: 232) menunjukkan bahwa daya ingat orang yang hanya membaca saja memberikan persentase terendah, yaitu 1%. Daya ingat ini dapat ditingkatkan hingga 25%-30%  dengan bantuan media lain, seperti televisi. Daya ingat makin meningkat dengan menggunakan media 3 dimensi seperti multimedia, hingga 60%.

Untuk memahami teori pembelajaran multimedia, baca artikel lengkap di sini! (Pembelajaran dengan Multimedia)

3 Komentar

  1. Ijinkan komentar
    Melalui media ini, mari kita tingkatkan kita punya kreatif…
    Salam kreatif

    Suka

    • Terima Kasih sudah berkunjung Mas, semoga bisa bermanfaat buat orang lain.

      Suka

    • Terima Kasih sudah mengikuti blog saya. Semoga bermanfaat.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s