Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Reformasi Total Model Rapor SD Kurikulum 2013

Sedikit Lebih Rumit, Tetapi Lebih Bermakna

Rapor SDKurikulum 2013 yang menekankan pembelajaran berbasis aktivitas dan menggunakan pendekatan sains (scientific approach) dalam pembelajaran menuntut sebuah penilaian yang berorientasi pada proses (process oriented) baik pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pendekatan penilaian yang berorientasi pada proses membutuhkan kesiapan dan kreatifitas guru karena penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar peserta didik selama proses pembelajaran.

Karakteristik penilaian yang ditekankan pada penilaian kurikulum 2013 adalah menggunakan penilaian otentik dengan pendekatan pembelajaran tuntas (mastery learning). Asumsi yang digunakan dalam belajar tuntas adalah peserta didik dapat mencapai kompetensi yang ditentukan, asalkan peserta didik mendapat bantuan yang tepat dan diberi waktu sesuai dengan yang dibutuhkan. Peserta didik yang belajar lambat perlu diberi waktu lebih lama untuk materi yang sama, dibandingkan peserta didik pada umumnya. Penilaian otentik harus mencerminkan masalah dunia nyata, bukan dunia sekolah. Menggunakan berbagai cara dan kriteria holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap). Penilaian otentik tidak hanya mengukur apa yang diketahui oleh peserta didik, tetapi lebih menekankan mengukur apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik.

Perubahan yang fundamental dalam proses pembelajaran dan penilaian pada kurikulum 2013 menggiring sekolah untuk melakukan reformasi model rapor sekolah secara total, misalnya untuk Rapor SD pada kurikulum 2006 (KTSP) yang menggunakan data kuantitatif yang cendrung menggambarkan hasil penilaian pada ranah kognitif saja, harus dirubah menggunakan pendekatan deskriptif yang harus dapat memberikan gambaran secara jelas terhadap ketiga aspek penilaian (sikap, pengetahuan, dan keterampilan). Petunjuk Teknis sistem penilaian dan Rapor di SD kurikulum 2013 dapat di unduh pada tautan dibawah ini.

Petunjuk Teknis Sistem Penilaian dan Rapor SD Kurikulum 2013 – Dirjen dikdas

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s