Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan
Pedoman Penulisan PTK dan PTS

Guru Harus Mampu Ber-PTK.

Penelitian Tindakan Kelas, PENTING atau GENTING…!!!

Nuryadi, M.Pd.

PENDAHULUAN

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan dan kesadaran menulis, membaca dan meneliti mendukung peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru. Kemampuan menulis ilmiah adalah salah satu indikator kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru.  Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih kurang guru yang membuat penelitian dan menulis tulisan ilmiah, untuk itu Sekolah hendaknya memfasilitasi guru untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuannya dalam bidang penelitian dan menulis ilmiah.

Penelitian adalah proses pemecahan masalah yang dilakukan secara sistematis, empiris dan terkontrol. Jenis penelitian yang sering dilakukan di lingkungan sekolah adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTS adalah penelitian tindakan yang dilakukan berdasarkan pengkajian masalah yang ada di lingkungan sekolah yang berkaitan dengan mutu pembelajaran maupun mutu sekolah secara umum. PTS hendaknya dilakukan oleh manajemen sekolah (kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah), atau praktisi pendidikan dalam lingkup kajian sekolah. Tujuan dilaksanakan PTS adalah untuk membuat peneliti lebih profesional terhadap pekerjaannya, memperbaiki praktik-praktik kerja, dan melakukan inovasi sekolah serta mengembangkan ilmu pengetahuan terapan (professional knowledge).

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan melalui proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri guru sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana serta menganalisis setiap pengaruh dari adanya perlakuan tersebut. Gagasan PTK dapat diperoleh melalui pengkajian permasalahan-permasalahan atau kelemahan-kelemahan yang terjadi dalam pembelajaran yang tertuang dalam catatan refleksi pembelajaran. Dengan adanya PTK ini diharapkan dapat memperbaiki proses dan hasil pembelajaran sehingga PTK dapat dipandang sebagai suatu langkah atau tindakan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan.

PTK sangat penting dilaksanakan karena PTK dapat meningkatkan profesionalisme seorang guru. Dengan melaksanakan PTK seorang guru akan selalu berusaha meningkatkan kinerjanya agar menjadi lebih profesional. Selain itu, PTK juga menjadi wahana bagi guru dalam meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. PTS/PTK dapat dilaksanakan jika manajemen sekolah dan guru menyadari pentingnya melakukan PTS/PTK. Sebagai manajemen sekolah/guru hendaknya memahami tentang prinsip-prinsip dan manfaat PTS/PTK dalam menyelesaikan permasalahan sekolah atau pembelajaran.

A.    PENTINGNYA PTS DAN PTK

1.      Mengapa PTS itu Penting?

Penelitian tindakan sekolah (PTS) merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja sistem pendidikan, dan mengembangkan manajemen sekolah agar menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien. Dengan bersandar pada pendapat Stringer (1996:9) yang mengartikan penelitian tindakan sebagai “diciplined inquiry (research) which seeks focused efforts to improve the quality of people’s organizational, community and family lives”. Dengan demikian PTS dapat diartikan sebagai sebuah upaya untuk memperbaiki kondisi dan memecahkan berbagai persoalan pendidikan yang dihadapi di sekolah. Pengertian tersebut menunjuk pada dua kata kunci yang minimal  salah satunya harus ada dalam PTS, yaitu pemecahan masalah (problem solving) dan peningkatan (improvement) kinerja sistem pendidikan serta manajemen sekolah yang secara keseluruhan akan berdampak pada peningkatan mutu. Dengan demikian, pelaksanaan PTS harus dilandasi oleh minimal salah satu dari alasan berikut:

  1. Adanya masalah pada sebuah sistem pendidikan dan manajemen sekolah.
  2. Prestasi kerja (achievement) sistem pendidikan dan manajemen sekolah menurun atau tidak optimal sehingga menghambat peningkatan mutu.

Berdasarkan alasan tersebut di atas, maka PTS memiliki peran yang sangat penting dalam membangun manajemen sekolah ke arah yang lebih efektif, memberikan layanan prima kepada stakeholder, dan membangun kerja sama dengan masyarakat sekitar sekolah. Dengan demikian, PTS akan sangat membantu meningkatkan produktivitas sekolah.

Disisi lain, PTS merupakan suatu cara memperbaiki dan meningkatkan kepemimpinan pendidikan tingkat sekolah (manajemen sekolah) karena manajemen sekolah merupakan orang yang terlibat langsung dan bertanggung jawab terhadap penyelesaian permasalahan yang ada di sekolah. Oleh karena itu, jika PTS dilakukan secara logis dan sistematis, serta jujur dalam pelaporannya, maka akan memberi masukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas, meningkatkan mutu dan produktivitas, serta memperbaiki manajemen sekolah secara keseluruhan.

2.      Mengapa PTK itu Penting?

Peranan guru sebagai agen pembelajaran dapat dilihat dari adanya langkah inovasi yang dilakukan terhadap hasil evaluasi dan refleksi proses pembelajaran yang telah dilakukannya. PTK dapat dijadikan sarana bagi guru dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran secara efektif. Ada beberapa pendapat ahli mengenai pentingnya PTK yaitu antara lain:

Menurut Sukanti (2008), ada beberapa alasan bahwa PTK merupakan kebutuhan bagi guru dalam meningkatkan profesionalitasnya sebagai guru yaitu:

  1. Penelitian tindakan kelas sangat kondusif untuk membuat guru menjadi peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran dikelasnya. Guru menjadi reflektif dan kritis terhadap apa yang guru dan siswa lakukan.
  2. Penelitian tindakan kelas meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. Guru tidak lagi sebagai praktisi yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan tanpa adanya upaya perbaikan dan inovasi namun dia bisa menempatkan dirinya sebagai peneliti dibidangnya.
  3. Guru mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu pengkajian yang terdalam terhadap apa yang terjadi di kelasnya.
  4. Penelitian tindakan kelas tidak mengganggu tugas pokok seorang guru karena tidak perlu meninggalkan kelasnya.

Menurut Sanjaya (2010: 16) penelitian tindakan kelas penting dilaksanakan oleh guru karena dapat meningkatkan kinerja guru, sebagai seorang yang profesional di bidangnya. Karena guru yang profesional akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerjanya yang dapat dituangkan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), secara tidak langsung guru telah meningkatkan profesionalitasnya.

Menurut Aqib (2009:13-14) penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi guru untuk meningkatkan profesinalismenya. Adapun beberapa alasannya yaitu:

  1.  Memacu guru untuk dapat menjadi kritis terhadap persoalan yang terjadi selama proses belajar mengajar (PBM) baik itu menyangkut diri guru sendiri dan murid-muridnya.
  2. Dapat memacu guru untuk terus berinovasi untuk meningkatkan kompetensinya sehingga dapat menjadi jalan untuk lebih professional.
  3. Guru dapat mengkaji tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan yang didasarkan pada hal-hal yang terjadi secara aktual di kelas.
  4. Guru dapat melaksanakan PTK seiring atau bersamaan dengan proses mengajar, artinya guru tidak mengambil waktu khusus untuk melaksanakannya (learning by doing).
  5. Guru dituntut untuk selalu berinovasi dan kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran. Menjalankan metode dan model pembelajaran dengan perlakuan alternatif yang dapat membuat PBM lebih menyenangkan. Menimbang segala kelebihan dan kekuarangan setiap proses yang dilakukan.
  6. Penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai wahana bagi guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. (Whitehead, 1993 dalam Tahir, 2011: 78)

Berdasarkan pendapat beberapa ahli tersebut, PTK dapat meningkatkan keprofesionalan guru dalam hal berikut:

  • Mengembangkan kompetensi guru dalam memecahkan masalah-masalah aktual yang terjadi selama proses belajar mengajar yang menyangkut rencana, isi, model dan metode, proses serta hasil dari Proses Belajar Mengajar (PBM). Hal ini tentu dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi dari guru.
  • Meningkatkan kompetensi kepribadian, pedagogic, sosial dan profesionalisme guru melalui peningkatan hasil pembelajaran.

Mengingat pentingnya PTK bagi guru dalam menjalankan tugasnya, maka  PTK sebagai salah satu komponen penilaian kinierja guru. Dengan demikian, guru hendaknya mulai melakukan dan meningkatkan PTK baik dari segi kuantitas maupun kualitas PTK yang dihasilkan. Untuk memahami konsep penulisan PTK/PTS silahkan baca pada buku pedoman penulisan yang terlampir.

Pedoman Penulisan PTK versi Sekum YPS dapat di Download pada link berikut.

Pedoman Penulisan PTK dan PTS

Unduh di sini! –> PEDOMAN PTK dan PTS

Semoga Bermanfaat.

3 Komentar

  1. wayan sari

    Ijin copy pak made, saya sangat terbantu dengan adanya tulisan bapak. Terimakasih

    Suka

    • made82math

      Silahkan….Semoga Bermanfaat.

      Suka

  2. artikelnya bagus sekali, lengkap.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s