Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan
Penjumlahan dan Pengurangan

Pembelajaran Pecahan Berbasis Multimedia

 Pendekatan PAIKEMATIK,  Pembelajaran di Abad 21

Made Nuryadi, M.Pd

Pembelajaran matematika SD khususnya pada materi pecahan masih kurang diminati oleh anak-anak, hal ini terjadi karena konsep pecahan di SD diajarkan dengan metode yang konvensional yang menyebabkan konsep ini menjadi abstrak karena didekati dengan fakta-fakta yang berkaitan dengan satuan, sehingga kita sering menemukan siswa di jenjang SMP maupun SMA tidak menguasai konsep pecahan dengan baik. Keabstrakan konsep pecahan di tingkat SD ini membutuhkan sebuah media yang dapat menvisualisasikan konsep ini agar anak memahami konsep pecahan secara mendalam.

Penyampaian konsep pecahan dengan menggunakan multimedia diharapkan akan membantu anak memudahkan proses pemahaman, dan transfer pengetahuan dari memori kerja ke memori jangka panjang sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Hal ini sangat dimungkinkan karena desain pesan multimedia berkenaan dengan penyeleksian, pengorganisasian, pengintegrasian elemen-elemen pesan untuk menyampaikan sesuatu informasi.

Teori kognitif Tentang Multimedia

Lingkungan desain multimedia harus cocok dengan tata cara manusia belajar. Pendeknya, prinsip-prinsip desain multimedia harus sensitive terhadap sesuatu yang kita ketahui tentang cara orang memproses informasi.

Menurut Mayer  (2009:64), tiga asumsi yang mendasari teori kognitif tentang multimedia, yakni: dual-channel (saluran-ganda), limited-capacity (kapasitas–terbatas), dan active-processing (pemrosesan-aktif). Asumsi-asumsi ini dirangkum dalam tabel berikut ini.

Tabel. Tiga asumsi teori kognitif multimedia

Asumsi

Deskripsi

Saluran-ganda Manusia memiliki saluran terpisah untuk memproses informasi visual dan informasi auditori
Kapasitas-terbatas Manusia punya keterbatasan dalam jumlah informasi yang bisa mereka proses dalam masing-masing saluran pada waktu yang sama.
Pemprosesan-aktif Manusia melakukan pembelajaran aktif dengan memilih informasi masuk yang relevan, mengorganisasikan informasi-informasi  itu kedalam refresentasi mental yang koheren, dan memadukan refresentasi mental itu dengan pengetahuan lain.

Oleh karena karya sentral multimedia learning berlangsung dalam memori kerja atau working memory. Memori kerja digunakan untuk penyimpanan sementara dan memanipulasi pengetahuan dalam kesadaran pikiran aktif. Teori kognitif tentang multimedia learning dapat digambarkan dalam diagram berikut ini.

Teori Kognitif Multimedia

Berdasarkan asumsi yang telah digambarkan diatas. Agar pembelajaran penuh makna terjadi dalam lingkungan multimedia, maka menurut Mayer (2009:80) orang yang belajar harus melibatkan diri kedalam lima proses kognitif yaitu (1) memilih kata-kata yang relevan untuk pemprosesan dalam materi kerja verbal, (2) memilih gambar-gambar yang relevan untuk pemprosesan dalam materi kerja visual, (3) me-nata kata-kata yang terpilih kedalam model mental verbal, (4) menata gambar-gambar yang terpilih kedalam model mental visual, (5) memadukan representasi verbal dan visual dengan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya.

Berdasarkan teori diatas, maka penulis telah berhasil, mengembangkan multimedia pembelajaran pecahan sesuai kurikulum yang berlaku di Indonesia. Multimedia ini juga sudah pernah memenangkan berbagai lomba ditingkat Nasional dan telah direkomendasi oleh berbagai pihak dan lembaga untuk dapat digunakan dalam membelajarkan materi pecahan pada siswa di Sekolah Dasar.

  1. Multimedia Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Multimedia ini berbasis Bilinggual (dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Multimedia ini dikembangkan dengan menggunakan Ms. Power Point. Halaman muka multimedia ini sebagai berikut:

Penjumlahan dan Pengurangan

Silahkan download multimedia dengan mengklik  di sini!

Tampilan Menu Bantuan

Help

  1. Multimedia Perkalian dan Pembagian Pecahan.

Tampilan muka multimedia

Multimedia Perkalian dan Pembagian

Silahkan di unduh multimedia ini pada link berikut

Bagi anda anda yang mengunduh multimedia ini silahkan dibagikan kepada siapa saja secara gratis, dan jangan diperjualbelikan. Mari kita bergandengan tangan  memajukan pendidikan bangsa ini.

Semoga Bermanfaat.

Salam Inovasi

 

 

 

1 Komentar

  1. Bagus sekali. Terima kasih link unduhannya juga.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s