Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Belum Rampung….Muncul lagi yang baru… (Permendikbud K-13)

Revisi…Revolusi…atau Remisi….

Munculnya Permendikbud yang baru pada kurikulum 2013 membuat satuan pendidikan perlu mengkaji ulang implementasi kurikulum 2013. Perubahan tersebut merupakan revisi dari hasil uji coba implementasi dan refleksi. Apapun namanya, perubahan tersebut tentu membuat satuan pendidikan dan guru harus bercibaku melakukan penyesuaian-penyesuaian. Sebagai contoh pada perubahan permendikbud N0 67 tentang kurikulum SD ke Permendidbud No 57 tentang kurikulum SD  tahun 2014 adalah tentang perubahan mendasar  posisi muatan lokal dalam kurikulum. Untuk Permen No 67 (permen lama),  kompetensi dasar muatan lokal yang berkenaan dengan seni, budaya, keterampilan, dan bahasa daerah diintegrasikan ke dalam Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Sedangkan pada Permen No 57 (permen baru) mata pelajaran Kelompok B dapat berupa mata pelajaran muatan lokal yang berdiri sendiri. Masih banyak perubahan-perubahan lain yang mendasar yang harus dikaji oleh satuan pendidikan dan guru untuk menyesuaikan diri dalam implementasi.  Ada hal yang menarik dari perubahan permendikbud no 57 untuk  Kurikulum SD bagian lampiran III, dimana pada permen sebelumnya penekanan pembelajaran pada 3 model yaitu Pembelajaran berbasis Masalah, Pembelajaran Penemuan, dan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk mendukung pendekatan Saintifik, namun pada lampiran permen yang baru ternyata bermunculan lagi model-model pembelajaran yang lain, misalnya  pengajaran langsung, dll. Ini menjadi pertanyaan besar bagi guru, kenapa demikian? apa yang salah? ataukah karena kurikulum ditunggangi muatan politik? rasanya kurang realistis, kurikulum sudah diimplementasi di sekolah sementara payung hukum masih direvisi di sana-sini. Apapun faktanya, sebagai guru harus tetaplah semangat, berhati-hati dan bijaksana  dalam menanggapi semua perubahan yang ada. Guru haruslah sadar bahwa target K-13 sangat luar biasa, yaitu mengintegrasikan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang didukung oleh  4 pilar, yaitu produktif, kreatif, inovatif, dan afektif . Bangsa ini haruslah mulai memperbaiki diri, dari mana memulainya? Tentu haruslah DARI RUANG KELAS…Berikut ini, berapa perubahan Permendikbud di tahun 2014 yang perlu kajian agar bisa menyesuaikan diri dengan yang baru.

sumber: Muh. Nasri LPMP

sumber: Muh. Nasri LPMP

sumber: Muh. Nasri LPMP

Jika para pembaca ingin mendapatkan beberapa dokumen Permendikbud yang baru, silahkan ber-email ke alamat email saya,  mhadhe82@gmail.com! maaf, filenya cukup besar kesulitan menguploadnya.

Semoga bermanfaat.

Salam

2 Komentar

  1. Anonim

    pak tolong bgt RPPnya yang permen 57 semester 2 ada ngak

    Suka

    • Mohon Maaf, RPP semester 2 masih sementara saya buat dan belum bisa saya share. Nanti kalau sudah layak di share saya akan share. Terima kasih.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s