Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Intip Yuk..!!!”Kreatifitas Ruang Kelas Rangkaian Listrik”

Ruang Kelas, Tempat Bereksplorasi.

20141021_11293020141021_11355820141021_114954

Hari itu hari selasa, tak terasa sudah hampir 3 bulan bersama mereka. Terkadang ada rasa kagum, bangga, bahkan juga binggung untuk mengakomodir kebutuhan pembelajaran mereka. Mereka cerdas, kritis, dan kreatif seakan membakar semangat diri untuk  menjadikan mereka “Anak Hebat” untuk Negeri yang masih terpuruk karena krisis moral. Siapakah yang akan memperbaiki Moral Bangsa ini? pertanyaan yang harus menjadi refleksi bagi Anda yang mencintai Bangsa dan Negeri Ini. Sebagai guru, saya akan menjawab “diriku harus berkontribusi  lewat ruang kelas”

Membelajarkan adalah seni, itulah ungkapan yang paling cocok bagi guru kurikulum 2013 yang senang dengan mengekspresikan diri bersama anak didik. Hari itu, ditengah kesibukan menuntaskan koreksian dan penginputan nilai, saya menyempatkan diri untuk melirik sejenak RPP dan Materi ajar sebelum memulai pembelajaran.  Setelah membuka pembelajaran tema 3, saya menemukan sebuah materi yang seakan menantang untuk berkreatifitas. Setelah membaca materi tersebut sampai 2-3 kali, saya bertanya dalam hati “Mampukah muridku memahami materi ini? (buku siswa kelas 5 tema 3, sub tema 1)

Rangkaian Listrik Seri

Rangkain Listrik Paralel

Saya pikir tak cukup rasanya hanya dengan menyuruh anak didik membaca buku yang ada. Setelah tiba waktunya,  saya mencoba mengarahkan siswa untuk membaca materi tersebut, kemudian mencoba memancing pengetahuan mereka dengan beberapa pertanyaan, ternyata dugaan saya benar, “anak-anak hanya menghafal bukan memahami”, maklum kemampuan anak didik untuk memahami dan menafsirkan makna gambar masih rendah, anak SD masih pada tahapan operasional konkret menurut piaget.  Saya tersenyum dan tertawa dalam hati sambil berkata, “saya dulu juga diajarkan materi ini hanya di suruh menghafal oleh guru” (Itu kan dulu, lain sekarang sudah kurikulum 2013). Tentu malu rasanya sebagai guru kalau metode tahun 90-an itu masih diterapkan ke anak abad 21 ini, mereka penuh kreatifitas dan keingintahuan yang besar, lagipula sumber belajar bukan hanya guru dan buku.

Niat awal hanya ingin memberikan pemahaman dasar tentang rangkaian seri dan paralell secara sederhana menggunakan media, malahan justru berkembang ke bentuk rangkaian seri-paralel (rangkaian gabungan). Akhirnya saya teringat dengan istilah “Kegiatan Eksplorasi Pada K-13”, itulah istilah yang mungkin pas untuk melukiskan fakta pengajaran di ruang kelas saya hari ini. Kegiatan eksplorasi merupakan kegiatan pembelajaran yang wajib dilakukan guru untuk menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Keingintahuan siswa yang tinggi  dikelas memaksa guru harus kreatif, dan berinovasi sesuai kebutuhan anak didik. Bila tidak, anak didik akan belajar hanya sebatas apa yang tertuang di buku, sementara buku adalah sumber minimal dalam belajar menurut kurikulum. Berikut beberapa foto  “Kreatifitas ruang kelas rangkaian listrik” yang menggunakan pendekatan penemuan (inqury) dan pembelajaran berbasis masalah (problem base learning) sesuai tuntutan kurikulum 2013.

 Mengamati, menanya dan mengkomunikasikan

Mengamati, menanya dan mengkomunikasikan

 

 

Rangkaian gabungan

Siswa melakukan eksplorasi dan menjawab tantangan guru dengan membuat rangkaian seri-paralell (High Order Thinking skils)

 

Pembelajaran K-13

Tantangan membuat rangkaian paralell – seri berkelompok (kegiatan eksplorasi)

 

Rangkaian Paralell - Seri

Hasil Eksplorasi Siswa

 

Mendengar istilah “Indonesia Hebat”, merinding rasanya. Kapan ya? itulah yang sering menjadi pertanyaan di hati. Bagaimana caranya ya?, itulah yang menantang diri sebagai guru. Namun yang pasti, Indonesia Hebat, harus bermula dari “Guru, Siswa dan Ruang kelas yang Hebat”…..sepakat???? kalau sepakat katakan Yes..Yes…Yes..Sekarang Giliran Anda menjadikan Mereka anak Hebat untuk “Indonesia Hebat”

Semoga Bermanfaat!

Refleksi Pembelajaran K-13

By Made Nuryadi

3 Komentar

  1. sudiatmo

    sy perlu PCB nya bisa beli di mana yaa< buat latihan anak saya

    Suka

  2. Pagi…Saya lg butuh alat praktik atau alat bantu ajar semacam ini. Bisa tahu belinya dimana nggak ?

    Suka

    • Selamat malam, media ini milik sekolah saya. Ini kit IPA tentang kelistrikan. Mohon maaf saya tidak tahu juga di mana dibeli. Coba cari di internet dengan kata kunci KIT IPA Kelistrikan untuk SD atau SMP. Terima Kasih

      Suka

Tinggalkan Balasan

