Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Peer Tutoring seperti ini juga efektif.

Sesama siswa juga dapat menjadi tutor yang efektif dalam proses pembelajaran. Tutoring dapat memberi manfaat baik bagi tutor maupun yang diajari.

 Tips: Menggunakan pendekatan pembelajaran dengan Tutor Sebaya (peer tutoring) secara efektif:

  1. Siapkan siswa yang akan menjadi tutor. Siswa yang akan menjadi tutor dalam aktivitas totoring hendaknya memiliki kemampuan di atas rata-rata. Pada kasus video di atas, siswa yang menjadi tutor adalah siswa yang dapat menyelesaikan soal tiket masuk matenatika lebih awal.
  2. Komunikasikan tugas pembelajaran secara jelas dan tepat kepada tutor. Misalnya, pada kasus video di atas, saya menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan membantu anak yang belum mampu mengerjakan soal tiket masuk kelas, mereka diharapkan bukan memberikan jawaban dalam bentuk jadi, namun mengarahkan pemahaman temannya.
  3. Jangan pasangkan teman akrabnya ketika proses tutoring. Bahaya! mengapa? karena mereka nantinya kesulitan untuk fokus pada tugas pembelajaran, mereka ada kencendrungan bermain dan bercerita.
  4. Sisihkan waktu anda untuk melatih tutor. Agar proses tutoring bisa sukses, anda harus melatih tutor mengenai strategi tutoring dan cara memberikan scaffolding yang tepat.
  5. Komunikasikan dengan orang tua bahwa anaknya sebagai salah satu tutor di kelas. Mengkomunikasikan ke orang tua tentang peran serta anak sebagai tutor di kelas akan meningkatkan kepercayaan diri mereka.
  6. Lakukan diskusi dan refleksi setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran tutor sebaya. Pengamatan saya  ketika peer tutoring ini dilakukan,  banyak anak menyadari pentingnya makna belajar, saling memberi dan menerima. Anak yang menjadi tutor menjadi lebih percaya diri di kelas, demikian juga anak yang diajari nampaknya lebih terbuka mengkomunikasikan kelemahannya kepada guru dan temannya. Mereka lebih menyadari bahwa ruang kelas adalah tempat belajar dan tempat berbagi.

Selamat mencoba, rasakan suasana dan gairah yang berbeda di ruang kelas anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s