Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Riuh Kelas Konduktor/Isolator, Menggunakan Aktivitas 5M (K-13)

Kegiatan kelas dengan aktivitas 5M: (mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan) pada pembelajaran materi isolator  dan konduktor (buku siswa tema 3, hal 51) memberikan suasana dan gairah yang berbeda dalam ruang kelas. Intip Yuk….

Langkah-langkah Pembelajaran secara umum

  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan hal-hal penting yang harus dilakukan siswa.
  2. Siswa merangkai alat (rangkaian listrik DC sederhana) untuk  membuktikan benda isolator atau konduktor.
  3. Siswa mengujicoba alat yang telah di rangkai sebelum digunakan.
  4. Siswa mengumpulkan benda-benda yang sudah disiapkan dari rumah untuk diamati, apakah benda tersebut tergolong isolator atau konduktor
  5. Siswa menuliskan hasil pengamatan pada buku siswa dan kesimpulan hasil pengamatan pada buku catatan siswa
  6. Siswa melakukan kegiatan eksplorasi benda-benda isolator atau konduktor di sekitar ruang kelas.
  7. Siswa mengkomunikasikan hasil percobaan kelompok seperti; jumlah benda yang diamati, keunikan masing-masing benda, temuan-temuan unik dan kesimpulan hasil percobaan.
  8. Guru melakukan penilaian otentik sepanjang proses pembelajaran.

Ayo…Berkreasi! Bagaimana Ruang Kelas Anda?

Semoga bermanfaat.

Salam

Made

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s