Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Soal Suplemen ” MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA” kelas 5 (K-13)

Masalah Perbandingan Dan Skala

Kemampuan matematika anak anda menurun?

Para pembaca yang budiman, hadirnya kurikulum 2013 dengan pendekatan tematik terintegrasi di SD seringkali mengkawatirkan saya sebagai guru, mungkin juga anda sebagai orang tua. Mengapa? tampilan muatan kurikulum yang terintegrasi memungkinkan semakin menurunnya kemampuan anak dalam matematika, hal ini disebabkan karena muatan matematika kurikulum 2013 berbasis kontekstual (baca link matematika realistik pada K-13) menuntut anak mampu berpikir tingkat tinggi atau bernalar secara logis.  Kebiasaan berpikir ini masih menjadi kendala besar di kelas, sehingga tidak tertutup kemungkinan tingkat stress anak terhadap muatan pelajaran matematika semakin tinggi, terlebih lagi bila guru tidak memahami kebutuhan materi prasyarat terhadap materi yang sedang diajarkan. Mengubah paradigma dan cara berpikir anak tentang belajar bukanlah hal mudah, butuh perjuangan dan pembiasaan. Apabila guru tidak memahami cara atau metode yang tepat untuk melatih anak bernalar dalam muatan matematika, maka bisa terjadi  materi yang mengandung muatan matematika pada buku siswa akan cendrung dipaksakan, anak bisa kehilangan orientasi belajar. Kebutuhan anak terhadap materi prasyaratnya kurang diperhatikan, karena guru berfokus mengejar target penyelesaian materi.

Apa yang harus dilakukan guru di kelas? Guru harus jeli melihat kebutuhan materi prasyarat, dan jangan memaksakan anak melakukan pemecahan masalah yang ada pada buku siswa, bila anak mengalami kendala pada materi prasyarat. Guru hendaknya memberikan soal suplemen yang dapat mendukung siswa memahami konsep dasar dan materi prasyaratnya terlebih dahulu, mungkin bisa menjadi PR atau pembelajaran tambahan di luar waktu belajar efektif.

Apa yang harus dilakukan orang tua? orang tua harus mengawasi perkembangan anak khususnya dalam muatan matematika, bila perlu siapkan soal-soal suplemen yang berkaitan dengan materi yang ada di buku siswa, misalnya di buku siswa kelas 5 tema 3 membahas masalah perbandingan dan skala, dibutuhkan soal-soal yang dapat membantu anak memahami materi tersebut secara lebih mendalam, karena jumlah soal dalam buku siswa relatif terbatas. Di samping itu pula, orang tua sedapat mungkin bisa memberikan arahan solusi bila anak mengalami kesulitan dalam bernalar. Soal-soal suplemen untuk pembelajaran tambahan anak bisa di cari di internet, jumlahnya juga sangat banyak.

Di kelas saya (5B), masih dibutuhkan pendalaman-pendalaman materi berkaitan dengan perbandingan dan skala. Siswa masih lemah dalam menyelesaikan masalah-masalah kontekstual (soal cerita). Orang tua jangan khawatir, ini masalah pembiasaan saja, umumnya anak indonesia kemampuan bernalar dan pemecahan masalah masih rendah berdasarkan beberapa hasil penelitian terakhir. Saya berkeyakinan adanya pola yang baru dalam kurikulum ini akan melatih anak lebih kompoten dalam memecahkan masalah, asalkan guru dan orang tua konsisten dalam membimbing anak. Pembiasaan cara berpikir itu jauh lebih penting dari pada muatan ilmu yang dipelajari.

Untuk memahami lebih dalam muatan materi perbandingan dan skala saya postingkan soal suplemen untuk dipelajari anak di rumah. Silahkan unduh pada link berikut:

(SOAL SUPLEMEN PERBANDINGAN DAN SKALA (Buku Siswa kelas 5 Tema 3)

Untuk memahami pemecahan soal cerita perbandingan dengan lebih mudah silahkan baca tautan berikut ini, Klik link di sini!

Semoga bermanfaat

2 Komentar

  1. pendidikan karakter harus di peraktekan kepada anak didik kita supaya siswa dapat memperaktekan dalam kehidupan sehari -hari

    Suka

  2. ANDINI

    gmna cra jwb prtanyaan ini;
    ayah mempunyai uang RP.50,000 di berikan kpda anton dan rina dgn pembagiaan anton mndapatkan 2/3 dri uang rina.berapa uang rupiah uang anton
    TOLONG JAWAB

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s