Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

15 Karakteristik Sekolah Yang Efektif.

sekolah efektifDalam dua dekade terakhir, para peneliti dan praktisi pendidikan telah memberikan perhatian yang mendasar dalam mempelajari sekolah-sekolah yang efektif. Memang tidak ada indicator universal yang memang baku, saya dapat mengambil kesimpulan umum dari berbagai riset yang ada. Sekolah-sekolah yang hebat dan istimewa mempunyai karakter khusus, walaupun sulit untuk memastikan apa yang membentuk karakter-karakter tersebut. Beberapa hasil penelitian menemukan karakteristik-karakteristik berikut sebagai percontohan dari sekolah-sekolah yang sangat efektif:

  1. Kepala Sekolah berfungsi sebagai pemimpin yang memberikan pengarahan, menentukan tujuan-tujuan sekolah, dan menginspirasi bawhannya untuk mencapai tujuan tersebut.
  2. Guru-guru memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap siswanya. Guru-guru juga percaya bahwa usaha yang dilakukan dapat memberi perubahan terhadap kehidupan siswa.
  3. Siswa-siswa percaya bahwa kesuksesan di sekolah berkaitan dengan sejauh mana mereka bekerja keras, bukan tergantung pada kemampuan alami yang telah dimiliki.
  4. Menyediakan lingkungan sekolah yang aman dan teratur.
  5. Mendorong dan memfasilitasi kesinambungan pengembangan professional.
  6. Menekankan penerapan yang tegas, konsisten dan adil dalam menertibkan sikap dan prilaku siswa. Prilaku yang merusak dan berbahaya tidak di toleransi. Peraturan-peraturan dan ekspektasi disampaikan dengan jelas kepada semua pihak.
  7. Iklim kerjasama tercipta di antara sesama staf sekolah dan guru. Para karyawan sekolah bekerja sebagai satu. Kerjasama menjadi salah satu bagian dari budaya sekolah. Hubungan saling mendukung yang menguntungkan terjalin antara kepala sekolah dan bawahan-bawahannya.
  8. Siswa-siswa menunjukkan semangat sekolah yang tinggi. Mereka bersatu dengan sekolahnya dan merasa senang datang dan berada di sekolah.
  9. Waktu belajar sekolah sangat di jaga. Interupsi-interupsi kegiatan yang tidak penting yang dapat mengganggu aktivitas-aktivitas kelas di minimalisasi.
  10. Orang tua merasa di terima saat datang ke sekolah. Komunitas mendukung keberadaan sekolah.
  11. Kemajuan siswa dimonitor secara sistematis.
  12. Menerima masukan dari staf sekolah dan guru dalam menentukan keputusan-keputusan pengajaran.
  13. Tingkat kepatuhan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah relative tinggi.
  14. Penekanan belajar pada pengembangan kemampuan-kemampuan dasar akademik, sikap dan keterampilan.
  15. Adanya penekanan kesinambungan pengajaran dari satu tingkat-tingkat berikutnya.

Bagaimana dengan Sekolah Anda? Apakah sudah tergolong sekolah efektif? Silahkan direnungkan! jika belum, lakukan perubahan mulai hal kecil, mulailah saat ini.

Sumber buku: Ronald L. Partin. 2012. Kiat Nyaman Mengajar di Dalam Kelas, edisi ketiga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s