Made Nuryadi

Belajar dan Berbagi Seputar Dunia Pendidikan

Tidak Harus Mall, Pasar Pun Jadi!

Refleksi Pembelajaran 29 Jan 2015

SD YPS Singkole IMG_0960Kurikulum 2013AsyikIMG_0965IMG_0972, dan menyenangkan! Itulah ungkapan yang bisa di gambarkan dari Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) berkaitan dengan materi aktivitas dan kehidupan ekonomi masyarakat di Pasar F Magani  (Pasar F Sorowako). Pasar yang biasanya dikunjungi murid-murid bersama orang tua untuk membeli makanan, minuman dan mainan menjadi kegiatan pembelajaran. Apa yang mereka lakukan? Kegiatan yang dilakukan di pasar adalah mewawancarai penjual mengenai usaha dagang yang dilakukan. Di samping itu pula murid-murid mencari informasi tentang kegiatan ekonomi apa saja yang dilakukan selain berdagang untuk mememenuhi kehidupan keluarga. Maklum di Sorowako harga-harga selangit, dan banyak masyarakat kecil yang menjerit. Kontrol harga dari pemerintah daerah tidak ada. BBM turun harga tetap tinggi. Susah….miris melihatnya….

Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk membangun pengetahuan murid melalui media lingkungan sekitar, memberikan pengalaman secara langsung untuk membuka pola pikir anak tentang kehidupan  ekonomi masyarakat pedagang.

Apa yang dinilai pada kegiatan ini? Pengetahuan tentang aktivitas ekonomi, dan usaha ekonomi masyarakat pedagang. Keterampilan berkomunikasi  di asah. Sikap sopan, santun, kerjasama dan tanggungjawab menjadi salah satu penilaian. Inilah yang di sebut penilaian terintegrasi antara aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Melalui pembelajaran Proyek, guru bisa melihat secara jelas potensi anak. Guru tidak lagi memberikan penilaian sebatas kognitif saja, semua aspek penilaian bisa teramati secara jelas. Penilaian di kelas cendrung penilaian ‘persepsi’ bukan Otentik. Label ke anak sangat mempengaruhi penilaian, padahal anak berubah seiring perjalanan waktu.

Aktivitas pembelajaran proyek selalu menyenangkan dan asyik bagi anak-anak. Pertanyaannya, mengapa banyak guru enggan melakukan? apakah guru takut lebih repot? entahlah…..yang pasti berikan aktivitas yang menarik dalam pembelajaran anda untuk membangun “trust” ANDA sebagai guru.

Yang di tunggu murid ANDA setiap hari bukan mendengarkan anda berceramah di kelas , melainkan aktivitas yang kontruktif untuk membangun pengetahuan mereka secara mandiri. Ayo para Guru Berubahlah….!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s